Senin, 07 September 2015

anik setiarini, 03 RPS

RPS MATA KULIAH ASUHAN NEONATUS, BAYI & BALITA
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
ASUHAN NEONATUS, BAYI DAN BALITA

1.      Nama Mata Kuliah                    : Konsep Asuhan Neonatus, Bayi & Balita
2.      Kode / SKS                                 : Bd.306 / 4 SKS (T:2, P:2)
3.      Semester                                      : Ganjil
4.      Deskripsi Mata Kuliah              :
a.       Posisi MK ini dalam kurikulum Kompetensi Asuhan Neonatus, Bayi & Balita2015
Mata Kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah untuk mencapai kompetensi penguasaan asuhan kebidanan pada neonatus, bayi dan balita

b.      Perananannya dalam menyumbangkan kompetensi lulusan,
-       Memberikan pengetahuan tentang konsep asuhan pada neonatus, bayi dan balita
-       Memberikan pengetahuan tentang adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus, pencegahan infeksi, dan rawat gabung bayi baru lahir
-       Memfasilitasi kemampuan mahasiswa setelah memahami asuhan pada neonatus, bayi dan balita untuk dituangkan ke dalam dokumentasi asuhan kebidanan pada neonatus, bayi dan balita

c.       Struktur MK:
Mata Kuliah ini dibagi menjadi 2 buah kemampuan akhir sesuai dengan peranannya dalam mendokumentasikan asuhan neonatus, bayi & balita. Ke 2 buah kemampuan tersebut adalah:
1)      Mampumenjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi & balita
Metode pembelajaran: ceramah, brainstorming, tanya-jawab, collaborative learning, diskusi kelompok
Pokok bahasan untuk mencapai kemampuan akhir ini adalah: Konsep asuhan neonatus, bayi & balita
2)      Mampumenjelaskanmacam-macamlingkup asuhan neonatus, bayi & balita
Metode pembelajaran :  ceramah , brainstorming, tanya jawab, diskusi
Pokok bahasan untuk mencapai kemampuan akhir ini adalah :
1.        Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus
2.        Pencegahan infeksi
3.        Rawat gabung

5.      Outcome Mata Kuliah   :
Di akhir semester mahasiswa mampu (a)menjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi & balita, (b) menjelaskan macam-macamlingkup asuhan neonatus, bayi & balita

6.      Unsur Teknologi dalam Pembelajaran
E-learning (Browsing) materi tentang konsep asuhan neonatus, bayi dan balita

7.      Rencana Kegiatan Pembelajaran
Modul Kemampuan: (A)Menjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi & balita (B) Menjelaskanmacam-macamlingkup asuhan neonatus, bayi & balita
Minggu 1-2  (2  x 100 Menit Tatap Muka)
No
Aspek Pembelajaran
Penjelasan
1
Kemampuan akhir yang diharapkan
Hard skills:
Mahasiswamampu: (a) menjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi & balita (b) menjelaskanmacam-macamlingkup asuhan neonatus, bayi & balita
Soft skills:
Motivation
2
Materi Pembelajaran
A.    Konsep asuhan neonatus, bayi & balita
B.     Lingkup asuhan neonatus, bayi & balita
1.   Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus
2.   Pencegahan infeksi
3.   Rawat gabung
3
Bentuk/Metode Pembelajaran
Mampu menyebutkan: lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
Mampu menjelaskan:
Konsep dan lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita

Ceramah , brainstorming, tanya jawab, collaborative learning
Motivasi belajar:

Mahasiswa distimulasi untuk aktif  berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran

4.
Proses Pembelajaran tatap muka 1
Pembukaan

Salam Pembuka , Apersepsi, penyampaiancakupandantujuanpembelajaran

5 menit
Inti

1.   Penjelasan proses pembelajaran KBK
2.   Penjelasanpenilaian.
3.   Penyampaiankontrakperkuliahan/ aturan main proses pembelajaran
4.   Lecturing: Konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
90 menit
Penutup

1. Review
2. Tindaklanjut: memberitugasmencarireferensi yang dipakaiuntukmateripembelajaran
5 menit
Proses Pembelajaran tatap muka 2
Pembukaan

Salam pembuka , Apersepsi, penyampaiancakupandantujuanpembelajaran, brainstorming
3 menit
Inti

Penyajianlingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
10    enit
Penjelasantentang lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita (adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus, pencegahan infeksi, dan rawat gabung)
25    menit
Mahasiswa bekerja dalam kelompok yg beranggotakan 3 orang mengerjakan tugas dari dosen: mambahas adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus, pencegahan infeksi dan rawat gabung
35 menit
Membahas pekerjaan mahasiswa, tanya jawab
20 menit
Penutup

Review
Cek pemahaman mahasiswa
Tindak lanjut: informasi materi untuk pertemuan berikutnya
7 menit
5.
Tugas dan Latihan
Membuat makalah mengenai salah satu kasus yang sering terjadi pada lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
4.
Referensi
-          Sudarti, EndangKhoirunnisa, AsuhanKebidananNeonatus, BayidanAnakBalita, 2010
-          Sudarti, dkk, AsuhanKebidananNeonatusRisikoTinggidanKegawatan, 2013

5
Kriteria penilain
Mampu memahami konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
Ketepatanmengidentifikasi

Mampu menjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
Ketepatanlingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
Cooperation
Keaktifanberpartisipasidalamdiskusi
Motivation
Keaktifan mahasiswa di kelas
6
Remedy
Khusus bagi mahasiswa yang belum kompeten akan diberikan remedy
















































TUGAS DAN RUBRIK NILAI

Program Studi             : DIII Kebidanan
Nama Mata kuliah       : Konsep asuhan neonatus, bayi & balita
SKS                             :  4 (T:2, P:2)
Pertemuanke               : 2
Dosen                          : Rizky Amaliah, S.ST.Keb
                                                                                                                                                  
A.    TUJUAN TUGAS:
Mahasiswamampumenjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi dan balita dan membuat dokumentasi asuhan kebidanan neonatus, bayi dan balita.
B.     URAIAN TUGAS:
1.      ObyekGarapan            :  Konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
2.      Batasan yang harusdikerjakan:
mengidentifikasi bagian bagian konsep asuhan neonatus, bayi dan balita.Adapunpokok – pokokbahasan yang terkaitadalah:
A.    Adaptasi bayi baru lahir di luar kehidupan uterus
B.     Pencegahan infeksi
C.     Rawat gabung
3.      Metode / carapengerjaan:
a.       Mahasiswa bekerja individu membuat resume mengenai salah satu konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
b.      Mengerjakansmall testyg telah disediakan dosen
4.      Deskripsiluarantugas yang dihasilkan:
Dokumentasi asuhan neonatus, bayi dan balita
C.    Kriteriapenilaian:
1.      Ketetapatanmengidentifikasi.
2.      Ketepatanresume yang dibuat mahasiswa
3.      Keaktifanberpartisipasidalamdiskusi (cooperation)
4.      Keaktifan mahasiswa di kelas (motivation)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar