Senin, 07 September 2015

ANIK SETIARINI, 03, RPP

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata kuliah   : Asuhan Neonatus, Bayi & Balita
Semester                     : III
Kode                           : BD.306
SKS                            : 4 SKS (T:2, P:2)
Dosen                          : Anik setiarini, S.ST,Keb
KOMPETENSI         : 1)Mampumenjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita normal dan abnormal, 2) Mampu menjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi dan balita, 3) Mampu menjelaskan tentang asuhan pada bayi 2-6 hari4) Mampu menjelaskan asuhan primer pada bayi 6 minggu pertama 5) Mampu mempraktikkan pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita, 6) Mampu menjelaskan asuhan pada neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya, 7) Mampu menjelaskan neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya, 8) Mampu: (a) menjelaskan penatalaksanaan neonatus risiko tinggi (b) mempraktikkan penatalaksanaan neonatus risiko tinggi, 9) Mampu mempraktikkan pendokumentasian asuhan neonatus, bayi dan balita

Tatapmukake / waktu
KemampuanAkhir yang diharapkan
Materi / Bahan Ajar

Proses/ MetodePembelajaran
Kegiatan Mahasiswa
KriteriaPenilaian
Bobot
1
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampu:
(a) menjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
b) menjelaskan macam-macam lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita secarabenar

Soft skills:
Motivation
A.      Lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
1.   Penjelasanlingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
2.   Penjelasanpenilaian
3.   Ceramahlingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
4.   Brainstorming
5.   Tanya jawab
6.   Memberiinformasitentangreferensi yang dipakai
Mendengarkan, brainstorming,
tanyajawab
--------
5%
2
(100 menit)
SDA
B.    Macam-macam lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita

1.   Penyajian macam-macam lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
2.   Ceramah
3.   Diskusi kelompok
4.   Collaborative learning

Mendengarkan ,
bekerja dalam kelompok yg beranggotakan 7 orang mengerjakan tugas dari dosen: membahas 7 sub pokok bahasan lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
a.     Bayi baru lahir normal
b.    Bayi baru lahir bermasalah
c.     Kelainan-kelainan pada bayi baru lahir
d.    Trauma ada bayi baru lahir
e.     Neonatus beresiko tinggi
f.     Kegawatdaruratan
g.    Neonatus, bayi dan anak balita dengan penyakit yang lazim terjadi

Ketepatanmengidentifikasi

3
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampu menjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi dan balita



Soft skills:
Motivation
C.    Konsep asuhan neonatus, bayi dan balita

1. Ceramah
2. Brainstorming
3. Dosen memberikan tugas untuk minggu depan membuat resume mengenai lingkup dan konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
Mendengarkan, brainstorming tentang asuhan neonatus, bayi dan balita, tanya-jawab
Keaktifan mahasiswa di kelas
5%
4
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampu:
(a) menjelaskanasuhan pada bayi usia 2-6 hari,
(b) membuat rencana asuhan bayi usia 2-6 hari

Soft skills:
Responsibility
D.   Asuhan bayi usia 2-6 hari

1. Pengumpulan tugas
2. Penyajian materi asuhan bayi usia 2-6 hari
3. Ceramah
4. Brainstorming

Mengumpulkan tugas,
mendengarkan,
secara klasikal memberi penilaian tentang asuhan bayi usia 2-6 hariyang disajikan dosen, apakah baik atau kurang baik

Ketepatanasuhan
Keaktifan mahasiswa di kelas
10%
5
(100 menit)
SDA
E.    Membuat rencana asuhan bayi usia 2-6 hari

1. Pembahasan tugas
2. Penyajian materi rencana asuhan bayi usia 2-6 hari
2. Ceramah
3. Collaborative learning
4. Dosen berkeliling kelas untuk membantu mahasiswa

Mendengarkan , tanya-jawab, praktik membuat rencana asuhan bayi usia 2-6 hari dalam diskusi kelompok
Keaktifan berpartisipasi dalam diskusi kelompok

6
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampumenjelaskan asuhan primer bayi 6 minggu pertama

Soft skills:
Motivation
F.     Asuhan primer bayi 6 minggu pertama

1. Penyajian asuhan primer bayi 6 minggu pertama
2. Ceramah
3. Brainstorming
4. Dosen berkeliling kelas untuk membantu mahasiswa
Mendengarkan, tanya-jawab, praktik membuat rencana asuhan primer bayi usia 6 minggu pertamasecara individu

Keaktifan mahasiswa
10%
7
(100 menit)
SDA
SDA
1. Pembahasan tugas latihan membuat rencana asuhan
2. Small test
3. Remedy bagi mahasiswa yang belum mencapai kompetensi
4. Dosen menginformasikan bahwa minggu depan akan demonstrasi pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita
Mengerjakansmall test

Keaktifanmahasiswa di kelas

8
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampu:
mempraktikkan pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita

Soft skills:
Motivation
Cooperation
G.   Praktik pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita

1. Ceramah
2. Brainstorming
3. Demonstrasi
4. Dosen berkeliling kelas untuk membantu mahasiswa
5. Dosen menginformasikan bahwa minggu depan mahasiswa akan role play mengenai indikator pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita(berat badan, tinggi badan, lingkar kepala & lingkar lengan atas)
Mendengarkan, memperhatikan, tanya-jawab, brainstorming, berlatih praktik pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita
Keaktifan mahasiswa di kelas
10%
9
(100 menit)
SDA
SDA
1.Review materi
2. Role playmengenai indikator pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita dalam 4 kelompok
3.Evaluasi role play
Mempraktikkan pemantauan tumbuh kembang bayi baru lahir (berat badan, tinggi badan, lingkar kepala & lingkar lengan atas) dalam role play
Keaktifan mahasiswa di kelas, ketepatan tujuan praktik

10
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampumenjelaskan asuhan pada neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya

Soft skills:
Motivation
H.   Asuhan neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya
1. Penyajian asuhan neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya
2. Ceramah
3. Brainstorming
4. Collaborative learning
Mendengarkan, tanya-jawab, brainstorming
Keaktifanmahasiswa di kelas
5%
11
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampumenjelaskan klasifikasi neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannyadengan tepat

Soft skills:
Motivation
I.      Asuhan neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya

1.    Penyajian asuhan neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya
2.    Ceramah
3.    Diskusi
4.    Brainstorming
5.    Collaborative learning
Mendengarkan, tanya-jawab, brainstorming
Keaktifanmahasiswa di kelas
5%
12
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampu:(a) menjelaskan penatalaksanaan neonatus risiko tinggi (b) mempraktikkan Penatalaksanaan neonatus risiko tinggi

Soft skills:
Motivation
J.      Penatalaksanaan neonatus risiko tinggi
1.     Penyajian penatalaksanaan neonatus risiko tinggi
2.     Ceramah
3.     Brainstorming
4.     Collaborative learning
5.     Dosen menginformasikan tugas untuk minggu depan membuat makalah mengenai salah satu penatalaksanaan neonatus risiko tinggi
Mendengarkan, tanya-jawab, brainstorming
Keaktifanmahasiswa di kelas
10%
13
(100 menit)
SDA
K.   Praktik penatalaksanaan neonatus risiko tinggi

1.    Pengumpulan tugas
2.    Membahas bersama tugas yang diberikan
3.    Praktik penatalaksanaan neonatus risiko tinggi dalam kelompok
4.    Dosen berkeliling kelas membantu mahasiswa
Mempraktikkan penatalaksanaan neonatus risiko tinggi dalam kelompok
Keaktifanmahasiswaberpartisipasi dalam praktik

14
(100 menit)
Hard skills:
Mahasiswamampu:
Mendokumentasikan
asuhan neonatus, bayi dan balita


Soft skills:
Cooperation
L.Pendokumentasian asuhan neonatus, bayi dan balita
1. Penyajian dokumentasi asuhan neonatus, bayi dan balita
2. Ceramah
3. Dosen memberikan tugas untuk minggu depan membuat laporan pendokumentasian asuhan neonatus, bayi dan balita
Mendengarkan, brainstorming
Keaktifanmahasiswa di kelas
20%
15
(100 menit)
SDA
SDA
1. Pengumpulan Tugas
2. Pembahasan bersama tugas yang dikumpulkan
3. Small Test
4. Remedy
5. Dosen menginformasikan bahwa minggu depan akan diadakan Ujian akhir Semester (UAS)
Mengumpulkan tugas tentang dokumentasi asuhan bayi baru lahir, small test
Ketepatan pendokumentasian,
Keaktifan berpartisipasi

16
(100 menit)
SDA
SDA
Ujian Akhir Semester


20%
17
(100 menit)
SDA
SDA
Remedy bagi mahasiswa yg belum mencapai kompetensi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar