RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
kuliah : Asuhan Neonatus, Bayi & Balita
Semester : III
Kode : BD.306
SKS : 4
SKS (T:2, P:2)
Dosen : Anik
setiarini, S.ST,Keb
KOMPETENSI : 1)Mampumenjelaskan
lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita normal dan abnormal, 2) Mampu menjelaskan
konsep asuhan neonatus, bayi dan balita, 3) Mampu menjelaskan tentang asuhan
pada bayi 2-6 hari4) Mampu menjelaskan asuhan primer pada bayi 6 minggu pertama
5) Mampu mempraktikkan pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita, 6) Mampu
menjelaskan asuhan pada neonatus dan bayi dengan masalah serta
penatalaksanaannya, 7) Mampu menjelaskan neonatus dengan kelainan bawaan dan
penatalaksanaannya, 8) Mampu: (a) menjelaskan penatalaksanaan neonatus risiko
tinggi (b) mempraktikkan penatalaksanaan neonatus risiko tinggi, 9) Mampu mempraktikkan
pendokumentasian asuhan neonatus, bayi dan balita
Tatapmukake /
waktu
|
KemampuanAkhir
yang diharapkan
|
Materi / Bahan
Ajar
|
Proses/
MetodePembelajaran
|
Kegiatan Mahasiswa
|
KriteriaPenilaian
|
Bobot
|
1
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampu:
(a)
menjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
b)
menjelaskan macam-macam lingkup asuhan neonatus, bayi dan
balita secarabenar
Soft skills:
Motivation
|
A.
Lingkup
asuhan neonatus, bayi dan balita
|
1.
Penjelasanlingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
2.
Penjelasanpenilaian
3.
Ceramahlingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
4.
Brainstorming
5.
Tanya jawab
6.
Memberiinformasitentangreferensi yang dipakai
|
Mendengarkan, brainstorming,
tanyajawab
|
--------
|
5%
|
2
(100 menit)
|
SDA
|
B.
Macam-macam
lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
|
1.
Penyajian
macam-macam lingkup asuhan neonatus,
bayi dan balita
2.
Ceramah
3.
Diskusi
kelompok
4.
Collaborative learning
|
Mendengarkan ,
bekerja dalam kelompok yg
beranggotakan 7 orang mengerjakan
tugas dari dosen: membahas 7 sub pokok bahasan
lingkup asuhan neonatus, bayi dan balita
a.
Bayi
baru lahir normal
b.
Bayi
baru lahir bermasalah
c.
Kelainan-kelainan
pada bayi baru lahir
d.
Trauma
ada bayi baru lahir
e.
Neonatus
beresiko tinggi
f.
Kegawatdaruratan
g.
Neonatus,
bayi dan anak balita dengan penyakit yang lazim terjadi
|
Ketepatanmengidentifikasi
|
|
3
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampu menjelaskan konsep asuhan neonatus, bayi dan balita
Soft skills:
Motivation
|
C.
Konsep
asuhan neonatus, bayi dan balita
|
1. Ceramah
2. Brainstorming
3. Dosen memberikan tugas untuk minggu depan membuat resume mengenai lingkup dan konsep asuhan
neonatus, bayi dan balita
|
Mendengarkan, brainstorming
tentang asuhan neonatus, bayi dan balita, tanya-jawab
|
Keaktifan
mahasiswa di kelas
|
5%
|
4
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampu:
(a) menjelaskanasuhan pada bayi usia 2-6 hari,
(b) membuat rencana asuhan bayi usia 2-6 hari
Soft skills:
Responsibility
|
D.
Asuhan bayi usia 2-6 hari
|
1. Pengumpulan tugas
2. Penyajian materi asuhan bayi usia 2-6 hari
3. Ceramah
4. Brainstorming
|
Mengumpulkan tugas,
mendengarkan,
secara klasikal memberi penilaian tentang asuhan bayi usia 2-6 hariyang disajikan
dosen, apakah baik atau kurang baik
|
Ketepatanasuhan
Keaktifan
mahasiswa di kelas
|
10%
|
5
(100 menit)
|
SDA
|
E.
Membuat
rencana asuhan bayi usia 2-6 hari
|
1. Pembahasan tugas
2. Penyajian materi rencana asuhan bayi usia 2-6
hari
2. Ceramah
3. Collaborative learning
4. Dosen berkeliling kelas untuk membantu mahasiswa
|
Mendengarkan , tanya-jawab, praktik membuat
rencana asuhan bayi usia 2-6 hari dalam diskusi kelompok
|
Keaktifan berpartisipasi dalam diskusi kelompok
|
|
6
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampumenjelaskan asuhan primer bayi 6 minggu pertama
Soft skills:
Motivation
|
F.
Asuhan
primer bayi 6 minggu pertama
|
1. Penyajian asuhan primer
bayi 6 minggu pertama
2. Ceramah
3. Brainstorming
4. Dosen berkeliling kelas
untuk membantu mahasiswa
|
Mendengarkan, tanya-jawab, praktik
membuat rencana asuhan primer bayi usia 6 minggu pertamasecara individu
|
Keaktifan mahasiswa
|
10%
|
7
(100 menit)
|
SDA
|
SDA
|
1. Pembahasan tugas latihan membuat rencana asuhan
2. Small test
3. Remedy bagi mahasiswa yang belum mencapai
kompetensi
4. Dosen menginformasikan bahwa minggu depan akan demonstrasi
pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita
|
Mengerjakansmall
test
|
Keaktifanmahasiswa
di kelas
|
|
8
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampu:
mempraktikkan pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi
dan balita
Soft skills:
Motivation
Cooperation
|
G.
Praktik
pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita
|
1. Ceramah
2. Brainstorming
3. Demonstrasi
4. Dosen berkeliling kelas untuk membantu mahasiswa
5. Dosen menginformasikan bahwa minggu depan mahasiswa
akan role play mengenai indikator
pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita(berat badan, tinggi
badan, lingkar kepala & lingkar lengan atas)
|
Mendengarkan,
memperhatikan, tanya-jawab, brainstorming,
berlatih praktik pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita
|
Keaktifan mahasiswa di kelas
|
10%
|
9
(100 menit)
|
SDA
|
SDA
|
1.Review
materi
2. Role playmengenai
indikator pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan balita dalam 4
kelompok
3.Evaluasi role
play
|
Mempraktikkan pemantauan tumbuh kembang bayi baru lahir
(berat badan, tinggi badan, lingkar kepala & lingkar lengan atas) dalam role play
|
Keaktifan mahasiswa di kelas, ketepatan tujuan praktik
|
|
10
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampumenjelaskan
asuhan pada neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya
Soft skills:
Motivation
|
H.
Asuhan
neonatus
dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya
|
1. Penyajian asuhan neonatus dan bayi dengan masalah serta
penatalaksanaannya
2. Ceramah
3. Brainstorming
4. Collaborative learning
|
Mendengarkan, tanya-jawab, brainstorming
|
Keaktifanmahasiswa
di kelas
|
5%
|
11
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampumenjelaskan
klasifikasi neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannyadengan
tepat
Soft skills:
Motivation
|
I.
Asuhan
neonatus
dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya
|
1. Penyajian asuhan neonatus dengan kelainan bawaan dan
penatalaksanaannya
2.
Ceramah
3.
Diskusi
4.
Brainstorming
5.
Collaborative learning
|
Mendengarkan, tanya-jawab, brainstorming
|
Keaktifanmahasiswa
di kelas
|
5%
|
12
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampu:(a) menjelaskan penatalaksanaan neonatus risiko tinggi (b) mempraktikkan
Penatalaksanaan neonatus risiko tinggi
Soft skills:
Motivation
|
J.
Penatalaksanaan
neonatus risiko tinggi
|
1.
Penyajian
penatalaksanaan
neonatus risiko tinggi
2.
Ceramah
3.
Brainstorming
4.
Collaborative learning
5.
Dosen
menginformasikan tugas untuk minggu depan membuat makalah mengenai salah satu
penatalaksanaan neonatus risiko tinggi
|
Mendengarkan, tanya-jawab, brainstorming
|
Keaktifanmahasiswa
di kelas
|
10%
|
13
(100 menit)
|
SDA
|
K.
Praktik
penatalaksanaan neonatus risiko tinggi
|
1.
Pengumpulan
tugas
2.
Membahas
bersama tugas yang diberikan
3.
Praktik
penatalaksanaan neonatus risiko tinggi dalam kelompok
4.
Dosen
berkeliling kelas membantu mahasiswa
|
Mempraktikkan penatalaksanaan neonatus risiko
tinggi dalam kelompok
|
Keaktifanmahasiswaberpartisipasi dalam praktik
|
|
14
(100 menit)
|
Hard skills:
Mahasiswamampu:
Mendokumentasikan
asuhan neonatus,
bayi dan balita
Soft skills:
Cooperation
|
L.Pendokumentasian asuhan neonatus, bayi dan balita
|
1. Penyajian dokumentasi asuhan neonatus, bayi dan
balita
2. Ceramah
3. Dosen memberikan tugas
untuk minggu depan membuat laporan pendokumentasian asuhan neonatus, bayi dan
balita
|
Mendengarkan,
brainstorming
|
Keaktifanmahasiswa
di kelas
|
20%
|
15
(100 menit)
|
SDA
|
SDA
|
1. Pengumpulan Tugas
2. Pembahasan bersama tugas yang dikumpulkan
3. Small Test
4. Remedy
5. Dosen menginformasikan bahwa minggu depan akan
diadakan Ujian akhir Semester (UAS)
|
Mengumpulkan
tugas tentang dokumentasi asuhan bayi baru lahir, small test
|
Ketepatan pendokumentasian,
Keaktifan berpartisipasi
|
|
16
(100 menit)
|
SDA
|
SDA
|
Ujian Akhir
Semester
|
|
|
20%
|
17
(100 menit)
|
SDA
|
SDA
|
Remedy bagi mahasiswa yg belum mencapai kompetensi
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar